DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN HARMONISASI KELUARGA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA KELAS 7-8 DI SMPN 1 ARJASA KABUPATEN JEMBER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Rusadi, Inggar Esti
Subject
610 Medicine and Health 
Datestamp
2021-06-14 06:19:03 
Abstract :
Fungsi utama keluarga adalah sebagai wahana untuk mendidik, mengasuh, dan mensosialisasikan anak, mengembangkan kemampuan seluruh anggotanya Perilaku negatif dengan berbagai coraknya adalah akibat dari suasana dan perlakuan negatif yang diperoleh dari peran keluarga. Secara umum masa remaja ini merupakan sering dikatakan sebagai kelompok umur bermasalah (the trouble teens). Hal inilah menjadi salah satu sebab perilaku bullying berpeluang untuk terjadi pada usia remaja khususnya lewat hubungan pertemanan di ruang lingkup sekolah.Penelitian ini menggunakan studi korelasional .Sampel penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember Kelas 7 dan 8, dengan jumlah sebanyak 80 responden yang diambil secara Purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa Harmonisasi Keluarga dalam kategori Harmonis (97,5%) dan perilaku Bullying sering dilakukan (10%). Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi Spearman's rho didapat p value sebesar 0,013 (p value < ? (0,05)). Maka disimpulkan terdapat hubungan antara harmonisasi keluarga dengan peril bullying, Sehingga diharapkan adanya upaya yang berfokus tidak hanya dalam mengurangi prevalensinya tetapi juga melakukan pendidikan tentang bullying. Kata Kunci : Remaja,Keluaga,Bullying 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember