Abstract :
Pendahuluan: Pengetahuan adalah hasil penginderaan manusia, atau hasil tahu
seseorang terhadap objek melalui indera yang dimilikinya (mata, hidung, telinga,
dan sebagainya). Perilaku kesehatan merupakan suatu respon
seseorang(organisme) terhadap stimulus atau obyek yang berkaitan dengan sakit
dan penyakit, sistem pelayanan kesehatan, makanan dan minuman serta
lingkungan, Perilaku peningkatan dan pemeliharaan kesehatan, pencegahan
penyakit, pencarian pengobatan dan pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan
perilaku manusia dalam memanfaatkan layanan kesehatan secara aktif. Metode: Desain penelitian yang digunakan yaitu korelasional dengan pendekatan
cross sectional dan Retrospektif. Jumlah populasi 112 orang dengan sampel yang
diambil 87 responden diambil dengan teknik Simple Random Sampling . Pengumpulan data menggunakan observasi lembar kuisoner dan studi
dokumentasi daftar hadir peserta Posbindu PTM. Hasil: Berdasarkan uji chi square test dengan menggunakan SPSS menunjukan
hasil uji stastistik pada penelitian diperoleh (P value = 0,320 > ? = 0,05) artinya
H1 di tolak menunjukkan bahwa tidak ada Hubungan Pengetahuan Karyawan
dengan Pemanfaatan Layanan Posbindu PTM di Tempat Kerja PT. Semen Puger
Jember.
Diskusi: Artinya dengan pengetahuan yang baik seseorang belum tentu
memanfaatkan dengan baik suatu layanan yang di sebabkan oleh berbagai hal
diantara jadwal,persepsi seseorang social badaya dan lain-lain.
Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut mengenai faktorfaktor yang berhubungan dengan pemenfatan layanan Posbindu PTM.
Kata Kunci : Pengetahuan dan Pemanfatan Layanan Posbindu PTM.