Abstract :
Introduksi: Peran guru pjok dalam pelaksanaan program trias UKS sangat
penting. Pelaksanaan program trias UKS berperan dalam menjaga kesehatan
peserta didik dan seluruh warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari
hubungan peran guru pjok dengan pelaksanaan program trias UKS di Sekolah
Menengah Pertama 1 Tanggul. Metode: dengan desain korelasional pendekatan
Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7 dan 8 di SMPN 1
Tanggul Jember sebanyak 420 orang dengan sampel 42 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan menentukan
sampel menggunakan purposive sampling. Hasil: penelitian menunjukkan
sebagian besar responden yang menyatakan peran guru pjok baik sebanyak 30
orang (71,4%) dan sebagian besar responden menyatakan pelaksanaan program
trias UKS optimal sebanyak 28 orang (66,7%). Uji statistik menggunakan uji
spearman rank dengan hasil p value 0,003 < 0,05 yang menunjukkan ada
hubungan peran guru pjok dengan pelaksanaan program trias UKS di SMPN 1
Tanggul Jember. Diskusi: Guru pjok berperan dalam hal melaksanakan program
dari UKS di sekolah. Agar terciptanya lingkungan sekolah yang sehat.
Kata kunci: Peran guru pjok, UKS,