Abstract :
Kualitas layanan adalah cara melayani, membantu menyiapkan, mengurus,
menyelesaikan keperluan, kebutuhan seseorang atau sekelompok orang. Desain
penelitian yang digunakan yaitu korelasi dengan pendekatan cross sectional, yang
bertujuan untuk menganalisis hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan
Keaktifan Lansia dalam mengikuti Posyandu Lansia di Posyandu Melati 61 Desa
Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh lansia yang mengikuti posyandu lansia di Posyandu Melati 61
Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember diambil secara
probability sampling dengan teknik random sampling. Hasil penelitian didapatkan
kualitas pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Tanggul Kabupaten
Jember memiliki memiliki kualitas baik dan Lansia di wilayah kerja Puskesmas
Tanggul Kabupaten Jember sebagian besar aktif mengikuti Posyandu Lansia.
Hasil uji chi square didapatkan p-value = 0,009 (< 0.05), yang artinya ada
hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Keaktifan Lansia Dalam
Mengikuti Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tanggul. Kualitas
Pelayanan Kesehatan berpengaruh terhadap Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti
Posyandu Lansia.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Keaktifan lansia, Lansia.