DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI POSYANDU MELATI 61 DESA MANGGISAN KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Rusiono, Nur Puji
Subject
610 Medicine and Health 
Datestamp
2021-06-15 03:33:41 
Abstract :
Kualitas layanan adalah cara melayani, membantu menyiapkan, mengurus, menyelesaikan keperluan, kebutuhan seseorang atau sekelompok orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu korelasi dengan pendekatan cross sectional, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Keaktifan Lansia dalam mengikuti Posyandu Lansia di Posyandu Melati 61 Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh lansia yang mengikuti posyandu lansia di Posyandu Melati 61 Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember diambil secara probability sampling dengan teknik random sampling. Hasil penelitian didapatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Tanggul Kabupaten Jember memiliki memiliki kualitas baik dan Lansia di wilayah kerja Puskesmas Tanggul Kabupaten Jember sebagian besar aktif mengikuti Posyandu Lansia. Hasil uji chi square didapatkan p-value = 0,009 (< 0.05), yang artinya ada hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tanggul. Kualitas Pelayanan Kesehatan berpengaruh terhadap Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Keaktifan lansia, Lansia. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember