Abstract :
Komunikasi terapeutik merupakan tahapan awal yang dilakukan perawat dalam
melakukan pengobatan pada pasien sehingga pasien mampu percaya dan yakin
terkait apa yang diberikan oleh tenaga kesehatan dalam memberikan asuhan
keperawatan. Kepuasan merupakan adanya kesesuaian antara kebutuhan dengan
harapan pelanggan. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan
cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik
dengan tingkat kepuasan pada Pasien di Ruang Rawat Inap RSU dr. H. Koesnadi
Bondowoso. Populasi pada penelitian ini adalah pasien di dua ruang rawat inap
RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso berjumlah 169 Pasien, sampel ialah 34
Responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 67.6% mengatakan komunikasi terapeutik baik dan 50% mengatakan puas
dengan komunikasi terapeutik. Hasil uji statistik Spearman Rank menyatakan
bahwa terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan
pada Pasien Rawat Inap (p value = 0.002, r = 0.503). Penelitian ini
direkomendasikan kepada seluruh perawat yang berkerja dipelayanan khususnya
rumah sakit untuk selalu meningkatkan komunikasi terapeutik dalam
meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit.
Kata kunci: Komunikasi terapeutik, kepuasan pasien