Abstract :
Pelayanan pasien gawat darurat memegang peranan penting bahwa waktu
adalah nyawa. Artinya waktu tanggap pelayanan perlu diperhitungkan agar
terselenggaranya pelayanan yang cepat, responsif dan mampu menyelamatkan
pasien. Pasien dengan gangguan respirasi dapat kehilangan nyawa hanya dalam
hitungan menit saja. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan response
time berdasarkan triage dengan kepuasan pelayanan kegawatdaruratan pada
pasien gangguan respirasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Tingkat III
Baladhika Husada Jember. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain
korelasional dengan pendekatan cross sectional proses penelitian dilaksanakan
pada bulan April-Mei 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 responden. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi dan kuisioner. Analisis data yang digunakan ialah
analisis statistik spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan
response time berdasarkan triage dengan kepuasan pelayanan kegawatdaruratan
pada pasien gangguan respirasi dengan tingkat kemaknaan p value = 0,000 dan
nilai coefficient correlation spearman?s rho -, 772. Response time tenaga
kesehatan harus ditingkatkan sehingga tercapai kualitas pelayanan yang bermutu
dan menunjang rasa puas pada pasien maupun keluarga pasien yang menerima
pelayanan.
Kata kunci: Response time, triage, kepuasan pelayanan, gangguan respirasi