Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Lindawati, Sofiatun Hasana
Subject
610 Medicine and Health
Datestamp
2021-06-16 02:52:16
Abstract :
Kepuasan pasien dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu peran
perawat. Peran perawat sebagai care provider merupakan peran yang sangat
penting diantara peran-peran yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk
menngidentifikasi hubungan peran perawat sebagai care provider dengan tingkat
kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Paviliun Bougenville RSU dr. H.
Koesnadi Bondowoso. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan jumlah
sampel sebanyak 42 responden yang diambil secara quota sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Peran perawat
sebagai care provider menunjukkan 31.0% responden mengatakan cukup baik dan
69.0% responden mengatakan baik. Sedangkan, tingkat kepuasan pasien
menunjukkan bahwa 26.2% responden merasa tidak puas, 38.1% responden
merasa puas dan 35.7% responden merasa sangat puas. Hasil uji statistik
Spearmean rho menunjukkan adanya hubungan antara peran perawat sebagai care
provider dengan tingkat kepuasan pasien (? Value= 0.002; ?= 0.05; r= 0.466).
Rekomendasi penelitian ini adalah perawat lebih meningkatkan kemampuannya
dalam menjaga kenyamanan pasien dan menangani keluhan atau respon penyakit.
Kata kunci: Peran Perawat, Care Provider, Kepuasan Pasien.