Abstract :
Konsep triage belum banyak dipahami oleh pasien terutama keluarga yang
mengantarkan. Petugas kesehatan yang ada di IGD harus ditingkatkan, terutama
edukasi tentang triage kepada pihak keluarga yang bertujuan meningkatkan
pengetahuan, mengubah sikap/persepsi serta mengarahkan pada perilaku yang
diinginkann. Kepuasan pasien merupakan nilai subjektif terhadap kualitas
pelayanan yang diberikan,
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh edukasi tentang triage
terhadap tingkat kepuasan keluarga di IGD RS Paru Jember. Desain penelitian ini
adalah Quasy-Experimental. populasi dalam penelitian ini adalah semua keluarga
pasien dengan triage ESI 3 yang datang ke IGD sebanyak 40. Sampel yang
diambil 40 subyek yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan nonprobability sampling dengan metode quota sampling.
Pengumpulan data menggunakan SAP dan kuesioner. Analisa data menggunakan
Mann Whitney (alpha=0,05) didapatkan nilai p value 0,000, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh edukasi tentang triage terhadap tingkat
kepuasan keluarga di IGD RS Paru Jember. Saran petugas kesehatan untuk
meningkatkan komunikasi terapeutik kepada keluarga tentang pentingnya triage
di IGD.
Kata Kunci: Edukasi Tentang Triage, Tingkat Kepuasan, IGD RS Paru