DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PERAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD ASMAUL HUSNAH KECAMATAN ROGOJAMPI BANYUWANGI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
DHANA, WISNU DHANAR
Subject
610 Medicine and Health 
Datestamp
2021-06-16 06:18:05 
Abstract :
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan dasar yang ditujukan bagi anak usia 0 sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Perkembangan kognitif berperan dalam kemampuan belajar berfikir atau kecerdasan yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, keterampilan untuk mengingat dan memahami yang terjadi di lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini mengetahui hubungan peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan perkembangan kognitif pada anak usia pra sekolah yang ada di PAUD Asmaul Husnah kecamatan Rogojampi Banyuwangi. Desain penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan pengambilan data menggunakan kusioner. Sampel diambil menggunakan total sampling yaitu 30 responden. Statistik menggunakan uji spearman rho menunjukkan p value 0,003 ? 0,05 maka dapat disimpulkan ada hubungan antara Peran Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD Asmaul Husnah Rogojampi Banyuwangi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendidikan anak usia dini untuk membantu perkembangan kognitif anak usia 2-6 tahun. Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Perkembangan Kognitif 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember