Abstract :
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan dasar yang ditujukan bagi
anak usia 0 sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.
Perkembangan kognitif berperan dalam kemampuan belajar berfikir atau
kecerdasan yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru,
keterampilan untuk mengingat dan memahami yang terjadi di lingkungannya.
Tujuan dari penelitian ini mengetahui hubungan peran Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) dengan perkembangan kognitif pada anak usia pra sekolah yang ada di
PAUD Asmaul Husnah kecamatan Rogojampi Banyuwangi. Desain penelitian
korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan pengambilan
data menggunakan kusioner. Sampel diambil menggunakan total sampling yaitu 30
responden. Statistik menggunakan uji spearman rho menunjukkan p value 0,003
? 0,05 maka dapat disimpulkan ada hubungan antara Peran Pendidikan Anak Usia
Dini Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD Asmaul
Husnah Rogojampi Banyuwangi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah
pentingnya pendidikan anak usia dini untuk membantu perkembangan kognitif anak
usia 2-6 tahun.
Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Perkembangan Kognitif