DETAIL DOCUMENT
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kercerdasan Emosional Siswa di SMP Al furqon jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Fadil, Fais
Subject
210 Philosophy and Theory of Religion 
Datestamp
2021-06-17 07:19:10 
Abstract :
Fadil, Fais. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Al-Furqon Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing I: Dr. Siti Nursyamsiyah, SS. M.Pd. Dosen Pembimbing II: Abdul Hamid Bakir, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Kecerdasan Emosinal Sekolah sebagai lembaga ilmu pendidikan umum selalu mendapatkan sorotan baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah. Berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah telah banyak dilakukan. Walaupun demikian masih banyak kendala yang sering dijumpai di sekolah-sekolah yang dapat menghambat majunya pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emo- sional siswa dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dalam proses pengum- pulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Peneliti menyimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemam- puan mengenali emosi kepada siswa adalah dengan mengajarkan kepada siswa tindakan-tindakan positif ketika sedang marah, kecewa, senang, dan sedih. Peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi dengan melaku- kan rutinitas keagamaan setiap pagi. Peran guru dalam meningkatkan kemam- puan mengenali emosi orang lain dengan cara menanamkan rasa saling meng- hargai terhadap sesama dan rasa peduli terhadap orang lain. Dan Peran guru meningkatkan kemampuan dalam memotivasi diri sendiri adalah pendidik tidak pernah bosan untuk selalu memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tersebut bisa semangat dalam usaha menggapai cita-cita. Peneliti juga menyimpulkan bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Faktor pendukung berupa keberadaan para guru dalam membimbing siswa dan terdapat berbagai fasilitas yang memadai di SMP Al-Furqan Jember. Dan terdapat faktor penghambat yaitu keberadaan pandemi virus COVID-19 dan keberadaan gadget di kalangan siswa yang membatasi interaksi 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember