Abstract :
Fadil, Fais. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Al-Furqon Jember. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing I: Dr. Siti
Nursyamsiyah, SS. M.Pd. Dosen Pembimbing II: Abdul Hamid Bakir,
M.Pd.
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Kecerdasan Emosinal
Sekolah sebagai lembaga ilmu pendidikan umum selalu mendapatkan
sorotan baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah. Berbagai usaha untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah telah banyak dilakukan. Walaupun
demikian masih banyak kendala yang sering dijumpai di sekolah-sekolah yang
dapat menghambat majunya pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran guru agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emo-
sional siswa dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dalam proses pengum-
pulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Peneliti menyimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemam-
puan mengenali emosi kepada siswa adalah dengan mengajarkan kepada siswa
tindakan-tindakan positif ketika sedang marah, kecewa, senang, dan sedih.
Peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi dengan melaku-
kan rutinitas keagamaan setiap pagi. Peran guru dalam meningkatkan kemam-
puan mengenali emosi orang lain dengan cara menanamkan rasa saling meng-
hargai terhadap sesama dan rasa peduli terhadap orang lain. Dan Peran guru
meningkatkan kemampuan dalam memotivasi diri sendiri adalah pendidik tidak
pernah bosan untuk selalu memberikan motivasi kepada siswa agar siswa
tersebut bisa semangat dalam usaha menggapai cita-cita.
Peneliti juga menyimpulkan bahwa terdapat faktor pendukung dan
penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan
emosional. Faktor pendukung berupa keberadaan para guru dalam membimbing
siswa dan terdapat berbagai fasilitas yang memadai di SMP Al-Furqan Jember.
Dan terdapat faktor penghambat yaitu keberadaan pandemi virus COVID-19
dan keberadaan gadget di kalangan siswa yang membatasi interaksi