DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA MENANGGAPI PEMBACAAN CERPEN KELAS VII B SMP NURIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
SETYAWAN, BAGUS
Subject
371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 
Datestamp
2021-06-22 02:31:23 
Abstract :
Pembelajaran Cooperative Script merupakan salah satu bentuk atau model metode pembelajaran kooperatif yang dalam perkembangan pembelajaran Cooperative Script telah mengalami banyak adaptasi sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, namun pada intinya sama. Pembelajaran Cooperative Script adalah pembelajaran yang mengatur interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial siswa dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran berbicara menanggapi pembacaan cerpen siswa SMP Tahun Pembelajaran 2016/2017 dari hasil penelitian yang dilaksanakan dengan desain pretest, posttest, terhadap kelas control dan kelas eksperimen. Masing-masing berupa tes awal pembacaan cerpen tanpa model cooperative script (pretest) dan tes akhir pembacaan cerpen menggunakan model cooperative script (posttest). Jenis penelitian yang digunakan adalah yaitu penelitian Eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat, dengan cara mengekspos satu atau lebih kelompok eksperimental dan satu atau lebih kondisi eksperimen.penelitian ini dilakukan dikelas VIIB dan VIIC. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pertama, kemampuan berbicara menanggapi pembacaan cerpen dengan menggunakan metode cooperative script ada perbedaan yang signifikan pada hasil posttest kemampuan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Artinya baik kelas yang menggunakan metode cooperative script dengan kelas yang tidak menggunakan sama-sama mengalami peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru bahasa indonesia sebaiknya menggunakan metode cooperetive script dalam pembelajaran berbicara khususnya pada cerpen.siswa mampu memahami pembelajaran dan siswa mampu memproses belajar lebih mudah dan interaktif. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember