Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
SETYAWAN, BAGUS
Subject
371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Datestamp
2021-06-22 02:31:23
Abstract :
Pembelajaran Cooperative Script merupakan salah satu bentuk atau model
metode pembelajaran kooperatif yang dalam perkembangan pembelajaran
Cooperative Script telah mengalami banyak adaptasi sehingga melahirkan
beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda antara yang satu dengan
yang lainnya, namun pada intinya sama. Pembelajaran Cooperative Script adalah
pembelajaran yang mengatur interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial
siswa dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok
masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script
dalam pembelajaran berbicara menanggapi pembacaan cerpen siswa SMP Tahun
Pembelajaran 2016/2017 dari hasil penelitian yang dilaksanakan dengan desain
pretest, posttest, terhadap kelas control dan kelas eksperimen. Masing-masing
berupa tes awal pembacaan cerpen tanpa model cooperative script (pretest) dan
tes akhir pembacaan cerpen menggunakan model cooperative script (posttest).
Jenis penelitian yang digunakan adalah yaitu penelitian Eksperimen semu.
Penelitian ini menggunakan kelas kontrol. Penelitian eksperimen ini bertujuan
untuk menyelidiki hubungan sebab akibat, dengan cara mengekspos satu atau
lebih kelompok eksperimental dan satu atau lebih kondisi eksperimen.penelitian
ini dilakukan dikelas VIIB dan VIIC. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pertama, kemampuan
berbicara menanggapi pembacaan cerpen dengan menggunakan metode
cooperative script ada perbedaan yang signifikan pada hasil posttest kemampuan
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Artinya baik kelas yang menggunakan
metode cooperative script dengan kelas yang tidak menggunakan sama-sama
mengalami peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru bahasa indonesia sebaiknya menggunakan metode cooperetive script
dalam pembelajaran berbicara khususnya pada cerpen.siswa mampu memahami
pembelajaran dan siswa mampu memproses belajar lebih mudah dan interaktif.