DETAIL DOCUMENT
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Percaya Diri pada Anak Prasekolah di Tk Islam Terpadu Amanah Sumbersari Jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Astriyanti, Serlinda Nur
Subject
371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 
Datestamp
2019-09-14 08:02:53 
Abstract :
Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Pengasuhan ini berarti orang tua mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Percaya diri adalah suatu keyakinan dalam jiwa untuk melakukan sesuatu. Pada penelitian ini menggunakan desain korelasi analitik dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan percaya diri pada anak prasekolah di TK Islam Terpadu Amanah Sumbersari Jember. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa TK Islam Terpadu Amanah Sumbersari Jember yang berjumlah 39 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dari pola asuh didapatkan 30 responden (76,9%) menganut pola asuh demokratis, 6 responden (15,4%) menganut pola asuh otoriter, 3 responden (7,7%) menganut pola asuh permisif. Hasil dari percaya diri didapatkan 34 responden (87,2%) percaya diri, 5 responden (12,8%) cukup percaya diri. Analisis data dengan uji statistik Rank Spearman diperoleh p value 0,000 dan koefisiensi sebesar 0,625. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan percaya diri anak prasekolah. Sehingga tenaga kesehatan seharusnya memberi penyuluhan terhadap orang tua tentang pola asuh agar percaya diri anak meningkat sesuai perkembangan anak. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember