DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KEBERHASILAN PENGGUNAAN SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (STADI KASUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
susetyo, wahyu hari
Subject
690 Planning, Anaysis, Engineering Design 
Datestamp
2021-03-01 01:21:03 
Abstract :
E-learning merupakan proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajaran e-learning Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerimanaanpengguna terhadapat sistem e-learning dengan metode TAM melalui analisis SEM dan rekomendasi apa yang dapat diberikan sebagai masukan untuk UMJ dari sistem e-learning yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan kuesioner dan analisis data adalah dilakukan dengan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software AMOS (Analisis of Moment Structure). Factor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna dalam menggunakan sistem e-learning Universitas Muhammadiyah Jember dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) adalah Perceived Ease of Use (PEOU) atau Kemudahan penggunaan, Perceived Usefulness (PU) atau tentang kegunaan, Attitude Toward Using (ATU) atau sikap pengguna, Actual Usag (AU) atau pengguna sesunggunya dalam menggunakan sistem e-learning. Dari hasil tersebut menghasilkan perbaikan rekomendasi atas penerimaan e-learning melalui pendekatan User interface yang diharapkan dapat meningkatkan kegunaan sistem pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember