DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Soal Berbasis Moodle Pada Materi Pola Bilangan Untuk Mengukur Kreativitas Berpikir Siswa SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
A, Atiquzzuma
Subject
511 General Principles of Mathematics 
Datestamp
2021-03-01 02:34:16 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini diantaranya karena pemerintah mengalihkan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring, sehingga dibutuhkan instrument yang dikembangkan yang mampu memfasilitasi kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari --berbasis moodle pada materi pola bilangan untuk mengukur kreativitas berpikir siswa SMP (2) untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan soal matematika berbasis moodle pada materi pola bilangan untuk mengukur kreativitas berpikir siswa SMP. Model penelitian yang digunakan adalah model research and development. Design penelitian ini menggunakan design four-d oleh Thiagarajan yang meliputi : define, design, develop, disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tekung kelas VIII A. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah, lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian diperoleh analisis data lembar validasi dengan rata-rata 4,14 memenuhi kriteria valid, presentase data angket respon peserta didik sebesar 75%, analisis data hasil tes siswa pada uji validitas diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel, kemudian soal tes reliabel. Presentase tingkat penguasaan peserta didik sebesar 93,3%. Analisis tingkat kreativitas berpikir siswa dari hasil tes siswa diperoleh kreativitas berpikir siswa heterogen. Produk tersebut memenuhi valid, praktis, efektif. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember