DETAIL DOCUMENT
PENGELOMPOKKAN KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR BERDASARKAN BANYAKNYA SEKOLAH MENGGUNAKAN ALGORITMA PARTITIONING AROUND MEDOIDS (PAM) DAN METODE DAVIES BOULDIN INDEX
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Fikri, Muhammad
Subject
004 Data Processing, Computer Science 
Datestamp
2021-03-03 00:58:44 
Abstract :
Pendidikan merupakan proses kegiatan belajar mengajar pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan kelompok orang dari generasi ke generasi melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Di Indonesia jenjang pendidikan meliputi SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Pada penelitian ini membahas penyebaran sekolah negeri yang tidak merata, salah satu contohnya seperti peserta didik yang tempat tinggalnya masih tidak terjangkau zona, sementara banyak daerah yang pembagian zonasi pada awalnya, didasarkan pada wilayah administrasi kecamatan. Jadi permasalahan ini juga membuat pemerataan sekolah belum maksimal sehingga pemerataan pendidikan juga masih menjadi kendala besar di dunia pendidikan Indonesia. Pada penelitian ini membahas tentang penerapan algoritma PAM untuk mengelompokkan kabupaten/kota berdasarkan banyaknya sekolah di Jawa Timur, data yang digunakan yaitu banyaknya desa/kelurahan yang mempunyai sekolah pada tahun 2018. Hasil dari penerapan algoritma PAM dalam mengelompokkan banyaknya sekolah kabupaten/kota di Jawa Timur diperoleh Cluster optimum dengan hasil 2 Cluster berdasarkan indeks nilai Davies bouldin Index sebesar 0,553 dengan skenario 2 sampai 10 Cluster. Sedangkan jumlah anggota pada masingmasing Cluster 1 terdapat 15 kabupaten/kota & Cluster 2 terdapat 23 kabupaten/kota. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember