DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
mohammad, maksum abidillah
Subject
511 General Principles of Mathematics 
Datestamp
2021-03-30 05:50:07 
Abstract :
Mohammad Maksum Abidillah. 2021 KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARIGAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikn, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Chusnul Khotimah Galatea, M.Pd (2) Lady Agustina,S.Pd, M.Pd, Kata Kunci: Berpikir Kreatif dari Segi Gaya Belajar, Soal Uraian. Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah kemampuan berpikir kreatif siswa berbeda-beda antar sesama siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk uraian. Dengan kemampuan berpikir kreatif yang berbeda kemudian pihak sekolah merekomendasikan kelas VIII-i terdapat 15 siswa- siswi sebagai sampel untuk studi pendahuluan. Studi pendahuluan yang peneliti lakukan pada tanggal 12 Desember 2020, dan pemberian soal secara online melalui via whatshapp memperoleh hasil kemampuan berfikir kreatif dari segi gaya belajar Siswa dengan subjek yaitu 1 gaya belajar visual dan 1 auditorian serta 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari segi gaya siswa kelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif ditinjau dari segi gaya belajar dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari gaya belajar siswa dengan bentuk soal uraian di kelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian yaitu 14 Desember 2020 dikelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Peneliti ini menggunakan metode pengumpulan data diantaranya, yaitu menggunakan Angket gaya belajar dan tes berpikir kreatif, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa pada gaya belajar yang berbeda dan dengan kemampuan berpikir kreatif.untuk siswa dengan gaya belajar Visual dalam mengerjakan soal open-ended bisa menjawab semua soal dengan kriteria Indikator kemampuan berpikir kreatif sangat tinggi. Sedangkan siswa yang gaya belajar Auditorial pada soal open-ended siswa ini mampu menjawab soal dengan kriteria soal yang berpikir kreatif tinggi. Begitupun dengan siswa pada gaya belajar kinistetik dalam mengerjakan soal open-ended tidak begitu mampu menjawab soal dengan memngunakan cara yang lain melainkan cara yang dia ketahui saja siswa ini masuk dalam kriteria kemampuan berpikir kreatif sedang. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik menpunyai kriteria kemmpuan berpikir kreatif yang berbeda dalam menjawab soal open-ended. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember