Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
mohammad, maksum abidillah
Subject
511 General Principles of Mathematics
Datestamp
2021-03-30 05:50:07
Abstract :
Mohammad Maksum Abidillah. 2021 KEMAMPUAN BERPIKIR
KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU
DARIGAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikn,
Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Chusnul Khotimah
Galatea, M.Pd (2) Lady Agustina,S.Pd, M.Pd, Kata Kunci: Berpikir Kreatif dari
Segi Gaya Belajar, Soal Uraian.
Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah kemampuan berpikir
kreatif siswa berbeda-beda antar sesama siswa dalam menyelesaikan soal
matematika dalam bentuk uraian. Dengan kemampuan berpikir kreatif yang
berbeda kemudian pihak sekolah merekomendasikan kelas VIII-i terdapat 15
siswa- siswi sebagai sampel untuk studi pendahuluan. Studi pendahuluan yang
peneliti lakukan pada tanggal 12 Desember 2020, dan pemberian soal secara
online melalui via whatshapp memperoleh hasil kemampuan berfikir kreatif dari
segi gaya belajar Siswa dengan subjek yaitu 1 gaya belajar visual dan 1 auditorian
serta 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Oleh karena itu, peneliti ingin
mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari segi gaya siswa
kelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses berpikir kreatif ditinjau dari segi gaya belajar dalam
menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari gaya belajar siswa dengan bentuk
soal uraian di kelas VIII MTsN 2 Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian yaitu 14 Desember 2020 dikelas VIII
MTsN 2 Bondowoso. Peneliti ini menggunakan metode pengumpulan data
diantaranya, yaitu menggunakan Angket gaya belajar dan tes berpikir kreatif, dan
wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa pada gaya
belajar yang berbeda dan dengan kemampuan berpikir kreatif.untuk siswa dengan
gaya belajar Visual dalam mengerjakan soal open-ended bisa menjawab semua
soal dengan kriteria Indikator kemampuan berpikir kreatif sangat tinggi.
Sedangkan siswa yang gaya belajar Auditorial pada soal open-ended siswa ini
mampu menjawab soal dengan kriteria soal yang berpikir kreatif tinggi. Begitupun
dengan siswa pada gaya belajar kinistetik dalam mengerjakan soal open-ended
tidak begitu mampu menjawab soal dengan memngunakan cara yang lain
melainkan cara yang dia ketahui saja siswa ini masuk dalam kriteria kemampuan
berpikir kreatif sedang.
Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar
visual, auditorial dan kinestetik menpunyai kriteria kemmpuan berpikir kreatif
yang berbeda dalam menjawab soal open-ended.