DETAIL DOCUMENT
Impulsive Buying Pada Generasi Milenial Di Kabupaten Jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Damayanti, Wifi Pinki
Subject
300 Social Science 
Datestamp
2021-03-06 03:36:00 
Abstract :
Generasi milenial dikenal dengan karakteristik yang unik dan berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya, salah satunya dalam hal konsumsi atau pembelian. Eastman & Liu (2012) menemukan ada perbedaan pada setiap generasi dalam hal motivasi untuk mengkonsumsi suatu barang atau jasa, generasi milenial memiliki tingkat konsumsi dan daya beli yang lebih tinggi daripada konsumen yang berlatar belakang Generasi X atau Baby Boomer. Aktivitas berbelanja yang terlalu sering memicu terjadinya pembelian yang tidak direncanakan, yang disebut perilaku impulsive buyin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku impulsive buying pada generasi milenial di Kabupaten Jember Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel impulsive buying. Subjek penelitian ini merupakan genrasi milenial di Kabupaten Jember berjumlah 348 responden. Pengumpulan data menggunakan skala Skala Impulsive Buying Tendency Scale (IBTS) yang di adaptasi dari Verpalnken dan Herabadi, dengan reliabilitas afektif (0.83) dan kognitif (0,91). Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan SPSS v21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impulsive buying pada generasi milenial di Kabupaten Jember teridentifikasi cenderung melakukan perilaku impulsive buying (52%), yang ditandai dengan munculnya rasa senang dan keinginan untuk memiliki barang yang sangat kuat saat berbelanja, sehingga kurang melakukan pemikiran dalam membeli barang. Saran untuk penelian lanjutan agar lebih banyak mengungkap terkait dengan faktor impulsive buying. Kata Kunci : Impulsive Buying, Generasi Milenial, Kabupaten Jember 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember