DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Smk Muhammadiyah 3 Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Latif, Abdul
Subject
200 Religious 
Datestamp
2021-03-08 01:23:09 
Abstract :
Pendidikan adalah sebuah proses yang disengaja untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan, meningkatkan, memahamkan, serta membentuk sosok karakter dari seorang pemula hingga menjadi ahlinya. Seperti yang tertulis pada pasal 3 di dalam Undang-Undang SISDIKNAS UU RI No. 20 tahun 2003. Dalam pendidikan guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang baik dalam mengajar, maka secara otomatis prestasi belajar peserta didik diharapkan akan baik pula. Dan sebaliknya kalau kurang baik kompetensinya dalam mengajar, maka prestasi belajar peserta didik yang diajarkan akan kurang baik pula. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompetensi guru terhadap pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur?an di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu. Prosedur penelitian yang dipakai adalah menggunakan prosedur penelitian Arikunto (2014:61), analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 24 dengan rumus regresi sederhana. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan masing-masing variabel 10 butir pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai penulis yaitu, untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi guru terhadap pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur?an. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas 0,05 lebih besar dari nilai probabilitas Sig atau (0.05 ? Sig), maka H? ditolak dan H? diterima artinya signifikan. Pada hasil Correlation diperoleh variabel kompetensi guru mempunyai nilai Sig sebesar 0,00. Dibandingkan dengan probabilitas sebesar 0.05, ternyata nilai probabilitas lebih besar dari Sig (0.05 > 0.00), maka berdasarkan data tersebut H? ditolak dan H? diterima, artinya signifikan. Hal ini membuktikan bahwa kompetensi guru mempunyai nilai yang signifikan terhadap pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur?an. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan dengan pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur?an. Maka dari itu disarankan kepada lembaga sekolah maupun guru pengajar hendaknya harus berupaya dalam menjaga atau meningkatkan kompetensi guru agar tujuan pendidikan instutisional maupun nasional dapat tercapai secara sempurna. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember