DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kineja Kader Kesehatan dengan Kepuasan Masyarakat terhdap Pelayanan Posyandu di Desa Darsono Jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Hasanah, Kutsyatul
Subject
362 Social Welfare, Problems and Services 
Datestamp
2019-10-22 10:16:48 
Abstract :
Kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan posyandu akan terkait dengan kinerja kader kesehatan. Desain penelitian ini adalah cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja kader kesehatan dengan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan posyandu. Populasinya adalah masyarakat yang menjadi sarasaran posyandu di Desa Darsono dengan jumlah 536, sampel yang diambil 54 responden yang diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55,6% responden mengatakan kinerja kader kesehatan dalam kategori cukup dan 74,1% responden mengatakan kurang puas terhadap kinerja kader kesehatan. Hasil uji statistik Spearman rho menyatakan bahwa terdapat hubungan dalam kategori kuat antara kinerja kader kesehatan dengan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan posyandu (p value= 0,000; ?= 0,05; r= 0,716). Semakin tinggi kinerja kader kesehatan semakin tinggi pula kepuasan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan kepada kader kesehatan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan serta fasilitas kesehatan sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember