DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Dramatic Play terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Ni’am, Mohammad Syamsun
Subject
613 Personal Health, Hygiene 
Datestamp
2019-10-23 10:43:08 
Abstract :
Metode pembelajaran merupakan suatu acara atau sistem yang digunakan dalam pembelajaran yang bertujuan agar anak didik dapat memahami. Sehingga metode yang diambil harus sesuai dengan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada anak usia 5 ? 6 tahun di Taman Kanak Aisyah Bustanul Athfal. Desain penelitian ini menggunakan adalah pretest ? postest One group design untuk mengidentifikasi peoses pembelajaran bermain dramatic play terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas B1 dan B2 di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember dengan sampel sejumlah 34 responden yang didapat dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan ialah observasi Hasil penelitian dengan uji Wilcoxon (?=0,05) didapatkan nilai p value = 0,000 artinya H1 diterima atau metodepembelajaran bermain dramatic play terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada usia 5-6 tahun di Taman Kanank-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember. Penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk menerapkan metode pembelajaran bermain dramatic play, dalam menyampaikan pembeajaran yang berkaitan dengan situasi bencana. Agar memiliki sikap kesiapsiagaan bencana gempa bumi. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember