DETAIL DOCUMENT
Hubungan Persepsi Pembatasan Jam Kunjung dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Hakim, Robby
Subject
613 Personal Health, Hygiene 
Datestamp
2019-10-22 09:50:24 
Abstract :
Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja produk harapannya. Kebijakan mengenai pembatasan jam kunjung merupakan suatu kebijakan rumah sakit yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit terhadap para pengguna jasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi pembatasan jam kunjung dengan tingkat kepuasan pasien. Desain penelitian ini menggunakan corelational dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap RSU Dr. H. Koesnadi berjumlah 757 Pasien, dengan besar sampel 76 Responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67,1% mengatakan persepsi baik terhadap pembatasan jam kunjung dan 40,8% mengatakan sangat puas dengan pembatasan jam kunjung. Hasil uji statistik Spearmen Rho menyatakan bahwa terdapat hubungan antara persepsi pembatasan jam kunjung dengan tingkat kepuasan Pasien Rawat Inap (p value = 0,000, r = 0,243). Penelitian ini direkomendasikan kepada rumah sakit yang belum menerapkan kebijakan pembatasan jam kunjung untuk mengaplikasikan kebijakan tersebut dalam meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember