DETAIL DOCUMENT
faktor-faktor penyebab siswa pasif terhadap pembelajaran bahasa indonesia pada kelas XI di SMAN 1 Panji Situbondo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
widiyanti, selvia ayu
Subject
407 Education, Research & Related Topics 
Datestamp
2021-05-28 01:08:15 
Abstract :
Proses pembelajaran di SMA 1 Panji Situbondo masih terkesan pasif sehingga peneliti dapat memperbaiki kualitas pendidikan dan pembelajaran membacakan teks pidato dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat melalui metode pemodelan. Secara praktis manfaat dari penelitian ini adalah dapat memudahkan siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca teks pidato dan memberikan pengalaman kepada siswa dalam pembelajaran membacakan pidato serta memotivasi siswa untuk meningkatkan keterampilan membacakan teks pidato, dapat memberi kemudahan informasi dan solusi yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam membaca teks pidato serta upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membaca teks pidato, dapat digunakan sebagai bahan acuan pelaksanaan pembelajaran membacakan teks pidato yang lebih menarik dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi dalam bidang membacakan teks pidato bagi peserta didik, dan dapat dijadikan sebagai pengalaman dan dapat memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian-penelitian yang lain. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor-faktor penyebab siswa pasif terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi pidato/ceramah yang ditinjau dari faktor internal? dan bagaimana faktor-faktor penyebab siswa pasif terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi pidato/ceramah yang ditinjau dari faktor eksternal?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panji Situbondo Jawa Timur. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif kualitatif berupa reduksi, deduksi dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor-faktor penyebab siswa pasif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi pidato yang ditinjau dari faktor internal diantaranya kondisi dan kesiapan siswa dalam pelajaran perlu dipersiapkan, kemampuan siswa dalam menerima pelajaran perlu diperhatikan oleh guru dalam memberikan materi pelajaran, minat siswa ditemukan masih rendah dan faktor-faktor penyebab siswa pasif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada kompetensi pidato yang ditinjau dari faktor eksternal diantaranya cara orang tua mendidik dan relasi antar anggota keluarga yang terlalu otoriter kepada siswa dan mengikuti kemauan orang tua sehingga siswa kehilangan motivasi diri, dan suasana rumah kurang nyaman sehingga siswa disaat merasakan kesulitan belajar dapat diskusi dengan orang tua. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember