DETAIL DOCUMENT
PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Pranata, Andi Eka
Subject
612 Human Physiology 
Datestamp
2021-05-28 06:52:42 
Abstract :
Rasa percaya diri menjadi sebuah modal besar atas kelancaran dan optimalisasi capaian pembelajaran, khususnya bagi mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment dengan pendekatan Non Equivalent Control Group Design bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi S1 Keperawatan STIKES dr. Soebandi Jember dengan sampel sejumlah 80 responden yang dibagi menjadi 40 responden sebagai kelompok intervensi dan 40 responden sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Proses intervensi menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Hasil penelitian dengan uji t-test dependent (? = 0,05) menunjukkan ada peningkatan rasa percaya diri pada kelompok kontrol sebesar 62,5% dan peningkatan rasa percaya diri pada kelompok intervensi sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil uji t-test dependent (? = 0,05) didapatkan nilai p = 0,633. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap peningkatan rasa percaya diri mahasiswa. Rekomendasi penelitian ini yaitu motivasi diri dan rasa percaya diri memiliki korelasi yang kuat, sehingga penanaman motivasi diri yang efektif akan meningkatkan rasa percaya diri khususnya dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember