Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku impulsif terhadap perilaku agresif berkendara pada remaja di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 remaja di Samarinda yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik jenis kelamin laki-laki, usia 17 sampai dengan 21 tahun, dan memiliki SIM (Surat Izin Berkendara). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku agresif berkendara yang berjumlah 34 aitem dengan nilai reliabilitas 0.923 dan skala perilaku impulsif yang berjumlah 32 aitem dengan nilai reliabilitas 0.891. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh perilaku impulsif terhadap perilaku agresif berkendara pada remaja di Samarinda memiliki pengaruh yang signifikan yang memiliki nilai konstribusi pengaruh (R2) sebesar 47,7. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa semakin tinggi perilaku impulsif remaja maka semakin tinggi pula perilaku agresif berkendara remaja, sebaliknya, semakin rendah perilaku impulsif remaja maka semakin rendah pula perilaku agresif berkendara remaja.