DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Operator pada PT. Petrolog Indah Badak di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mulawarman
Author
Avni Alhak, Nurul
Wediawati, Tuti
Zaini, Muhammad
Subject
Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan 
Datestamp
2022-11-07 09:25:56 
Abstract :
NURUL AVNI ALHAK, 1402095006 Pengaruh komitmen organisasi dan Kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada karyawan PT. Petrolog indah badak, dibawah bimbingan Ibu Tuti Wediawati, S.Sos., M.Si. dan Bapak Dr. M. Zaini, M,Si Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Komitmen Organisasi dan kepuasan kerja secara simultan dan parsial serta variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan pada karyawan PT. Petrolog Indah Badak. Penelitian ini menggunakan teori Komitmen Organisai dengan tiga indikator yaitu Komitmen Afektif ( Affectiv commitment) , Komitmen Berkelanjutan ( Continuance commitment) , Komitmen Normatif ( Normative commitment ). Lalu terdapat teori Kepuasan Kerja dengan tiga indikator yaitu Gaji , Promosi , Kondisi Kerja. Yang terakhir teori Kinerja Karyawan yang terdiri dari lima indikator yaitu kualitas pekerjaan, kualitas pekerjaan, ketepatan waktu, kehadiran, dan kemampuan kerjasama. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan pendekatan survey melalui kuisioner dengan tipe ordinal atau data primer kualitatif yang diukur dengan skala likert sehingga menjadi kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini menyatakan bahwa dari hasil perhitungan Uji F (Simultan) menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan dari hasil perhitungan Uji t (Parsial) menunjukkan kedua variabel berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Karyawan. Dan variabel yang paling berpengaruh signifikan ada komitmen organisasi, hal tersebut dikarenakan standardized coefficients beta variable komitmen organisasi lebih tinggi dibandingkan dengan variabel kepuasan kerja. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah Perusahaan mengadakan peningkatan kualitas pelayanan terutama dalam hal kesempatan mengembangkan karir, pekerjaan yang sesuai serta kesesuaian gajidan tunjangan yang diterima. 

Institution Info

Universitas Mulawarman