Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Amalia, Lahmirza Aula
ZULISTIANI, ZULISTIANI
DAMAYANTI, SUSI
Subject
574 Marketing
Datestamp
2023-08-11 12:23:34
Abstract :
Perkembangan teknologi baru termasuk munculnya social media memiliki
dampak yang signifikan pada bisnis masyarakat. Teknologi ini memberikan
banyak peluang pemasaran dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan
sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Segmenting Targeting Positioning
serta bagaimana strategi pemasaran melalui Instagram dan TikTok pada Ardana
Studio.
Teknik penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pengumplulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian
ini yaitu Ardana Studio yang berada di Desa Tanjungkalang Kecamatan
Ngronggot Kabupaten Nganjuk.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ardana Studio berfokus pada
segmentasi pasar, menargetkan segmen yang cocok, dan memposisikan diri
dengan design kreatif. Mereka memiliki akun Instagram dan TikTok, tetapi belum
aktif dalam membuat konten secara konsisten. Strategi pemasaran meliputi pilar
konten, konten kalender, konsep pembuatan konten, dan penggunaan social media
untuk meningkatkan penjualan.
Adapun rekomendasi untuk Ardana Studio dalam upaya meningkatkan
penjualan yaitu dengan fokus dalam melakukan upaya pemasaran melalui
platform Instagram dan TikTok guna meningkatkan visibilitas dan penjualan.
Dalam menjaga interaksi dengan audiens, penting bagi pemilik studio untuk
membuat jadwal yang konsisten agar dapat membangun hubungan yang kuat
dengan pengikut dan meningkatkan loyalitas.