DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI SARANA PENJUALAN BAGI DROPSHIPPER DI SHOPEE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Meilisa, Meilisa
FAUJI, DIAH AYU SEPTI
WIDODO, MOCH. WAHYU
Subject
574 Marketing 
Datestamp
2023-08-07 01:35:33 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi tentang bisnis dropshipper yang sedang trend di kalangan bisnis jual beli secara online di marketplace. Dropshipper dapat memanfaatkan basis pengguna yang sudah ada di marketplace untuk menjangkau calon pelanggan potensial yang lebih banyak dan meningkatkan peluang penjualan. Karena struktur teknologi marketplace sangat canggih, dropshipper semakin dimudahkan dalam sistem kerja guna memasarkan produk dan mempercepat proses jual beli dengan konsumen. Marketplace menyediakan data statistik terkait informasi reputasi toko performa produk dan penjualan, perilaku pelanggan, dan trend pasar. sehingga dropshipper dapat memanfaatkan data ini untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, mengidentifikasi peluang dan masalah, kemudian mengambil keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dropshipper memanfaatkan platform marketplace, sistem kerja dropshipper dan tanggung jawab dropshipper terhadap konsumennya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Digital Marketing Dela Rizki Store dan tim kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Digital Marketing Dela Rizki Store selaku dropshipper mampu memanfaatkan marketplace untuk melakukan proses jual beli dengan baik agar selalu bertahan dan berkembang. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri