DETAIL DOCUMENT
PERENCANAAN MANAJEMEN CUSTOMER RELATIONSHIP PADA UMKM PABRIK TEMPE DI DESA NGRAWAN NGANJUK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Septyani, Rika Arum
ERNESTIVITA, GESTY
SASONGKO, M. ZUHDI
Subject
570 Management science 
Datestamp
2023-08-11 11:25:23 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi pada usaha produksi tempe di Desa Ngrawan Nganjuk merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dalam proses pengelolaan UMKM, masih menggunakan metode tradisional sehingga jumlah pelanggan masih sangat minim. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan manajemen customer relationship perihal plan marketing, quality produk, dan satisfaction pelanggan pada UMKM pabrik tempe di Desa Ngrawan Nganjuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendeskripsikan manajemen customer relationship perihal plan marketing, quality produk, dan satisfaction pelanggan, dilakukan dengan teknik wawancara secara langsung terhadap objek yang akan diteliti. manajemen customer relationship perihal plan marketing, quality produk, dan satisfaction pelanggan yang dilakukan UMKM Tempe di Desa Ngrawan Nganjuk diawali dengan mengumpulkan data dari pemilik dan pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tinjauan pustaka. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil pembahasan diketahui 1)perencanaan manajemen customer relationship perihal plan marketing dengan menggunakan program penawaran, pemberian produk dan kunjungan pelanggan, 2)perencanaan manajemen customer relationship perihal quality produk melalui strategi mengutamakan kualitas daripada kuantitas, 3) perencanaan manajemen customer relationship perihal satisfaction pelanggan dengan cara menerima keluhan pelanggan, menciptakan kualitas pelayanan yang memuaskan, menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan dan mengganti produk tempe yang rusak dengan produk tempe yang baru, komunikasi ini perlu dikelola dengan baik dalam bentuk hubungan yang saling menguntungkan bagi pelanggan dan pabrik. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri