DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS PADA UD. SINAR HARAPAN MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN SWOT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
DEANTA, JHOSIA BRILLIANDA ADMA
ZULISTIANI, ZULISTIANI
SARDANTO, RINO
Subject
571 Management 
Datestamp
2023-08-07 04:07:46 
Abstract :
Setiap perusahaan harus menggunakan strategi dalam mengembangkan usahanya. Salah satu cara untuk bersaing dengan membuat strategi-strategi baru sehingga mempunyai model bisnis yang baik dan tepat pada perusahaan. Untuk menggambarkan kondisi perusahaan sebagai alat dalam mengembangkan bisnisnya dapat melalui model bisnis. Model bisnis bertujuan untuk mengutamakan nilai sebagai bagian dari manajemen pengembangan teknologi. Model bisnis yang digunakan adalah Business Model Canvas sebagai alat oleh usaha kecil dan menengah dalam tahap membangun kegiatan bisnis dan model bisnis. Salah satunya pada bidang usaha makanan yang banyak diminati masyarakat pada masa sekarang adalah kerupuk. UD. Sinar Harapan merupakan perusahaan yang memproduksi kerupuk. Perusahaan berupaya untuk menerapkan manajemen strategi dalam bisnis yang dijalankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui impelementasi Business Model Canvas, mengetahui analisis SWOT, dan mengetahui strategi pengembangan bisnis yang sebaiknya diterapkan pada UD. Sinar Harapan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian menggunakan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lima informan penelitian yang merupakan pemilik usaha, karyawan, dan tiga pelanggan UD. Sinar Harapan. Berdasarkan dari hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini, ditemukan bahwa UD. Sinar Harapan belum sepenuhnya mengimplemtasikan Business Model Canvas. Tetapi, ada lima blok yang sudah digunakan, yaitu value proposition, channel, customer relationship, revenue stream, dan key activity. UD. Sinar Harapan juga ditemukan bahwa perlunya strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan melalui analisis SWOT, dengan menambah jumlah varian, membuat produk baru, membuat merk label pada setiap kemasan, dan meningkatkan jejaringan media online agar lebih dikenal banyak pelanggan. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri