Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Rahman, Dani
ZULISTIANI, ZULISTIANI
SARDANTO, RINO
Subject
571 Management
Datestamp
2023-08-07 05:38:48
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah di era globalisasi saat ini telah
memberikan banyak perubahan terhadap cara berpikir masyarakat mengenai
pentingnya meningkatkan inovasi baru terhadap suatu perusahaan. Terlihat
banyak usaha baru di Kabupaten Nganjuk yang tumbuh dan menghadapi
persaingan ketat dari usaha yang sudah lama berdiri. Salah satunya adalah Sablon
Shift Nganjuk. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis SWOT
untuk meningkatkan strategi inovasi baru yang dapat diterapkan pada Sablon Shift
Nganjuk untuk dikembangkan di industry sablon kaos, serta untuk mengetahui
implementasi strategi marketing mix 4P yang dapat membantu perkembangan
Sablon Shift Nganjuk dalam meningkatkan daya saing di industry sablon kaos.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam proses
penelitian peneliti menggunakan prosedur pengumpulan data melalui hasil
observasi,wawancara dan juga dokumentasi. Data dikumpulkan melalui
pengamatan langsung dan hasil wawancara dengan informan yang telah dipilih
oleh peneliti yang bertujuan untuk mengetahui implementasi inovasi produk untuk
meningkatkan daya saing Sablon Shift Nganjuk. Teknik analisis data yaitu reduksi
data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dan
masukan untuk mengembangkan strategi inovasi dan strategi pemasaran guna
untuk meningkatkan penjualan pasca pandemi Covid-19. Strategi inovasi untuk
meningkatkan daya saing pada Sablon Shift dapat dilakukan melalui inovasi baru
terhadap analisis SWOT dan marketing mix. Dengan menciptakan inovasi baru
diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan daya saing pasca Covid-19.