DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PIGAM TAPE” BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 MATERI MENGIDENTIFIKASI LAMBANG/SIMBOL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Azlina, Nur
MUJIWATI, ENDANG SRI
DAMARISWARA, RIAN
Subject
793 PGSD 
Datestamp
2023-08-11 11:10:37 
Abstract :
Berdasarkan hasil observasi di SD Laboratorium UN PGRI Kediri ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan belum menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurang memiliki semangat dalam belajar materi lambang/simbol. Selain itu, pengelolaan kelas yang belum maksimal juga mengakibatkan banyak siswa yang bergurau sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut menjadi latar belakang dari pengembangan media pembelajaran ?PIGAM TAPE? berbasis macromedia flash 8 materi mengidentifikasi lambang/simbol siswa kelas III sekolah dasar. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. 1) Bagaimana validitas media pembelajaran ?PIGAM TAPE? berbasis macromedia flash 8 materi mengidentifikasi lambang/simbol siswa kelas 3 sekolah dasar?; 2) Bagaimana efektivitas media pembelajaran ?PIGAM TAPE? berbasis macromedia flash 8 materi mengidentifikasi lambang/simbol siswa kelas 3 sekolah dasar?; dan 3) Bagaimana respon guru dan siswa pada media pembelajaran ?PIGAM TAPE? berbasis macromedia flash 8 materi mengidentifikasi lambang/simbol siswa kelas 3 sekolah dasar? Berdasarkan rumusan masalah ini dapat diambil tujuan penelitian yakni untuk mengetahui validitas, efektivitas, serta respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran ?PIGAM TAPE? berbasis macromedia flash 8 materi mengidentifikasi lambang/simbol siswa kelas III sekolah dasar. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri atas lima langkah, yakni: 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengetahui dan mengolah data yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran PIGAM TAPE. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran ?PIGAM TAPE? berbasis macromedia flash 8 materi mengidentifikasi lambang/simbol siswa kelas III sekolah dasar. adalah sebagai berikut: (1) dinyatakan sangat valid dengan memenuhi kriteria persentase nilai konstruksi media sebesar 89% dan validitas materi 93,3%, 2) dinyatakan baik berdasarkan respon guru dengan memenuhi kriteria persentase sebesar 94%, sedangkan hasil respon siswa pada uji coba terbatas mendapatkan persentase sebesar 100% dan pada uji coba luas mendapatkan persentase 95%, dan 3) dinyatakan efektif dengan memenuhi persentase ketuntasan belajar klasikal tes siswa sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PIGAM TAPE dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi lambang/simbol rambu lalu lintas. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri