Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Nuruzzakiya, Lu'lu'i
DYAH P., ISMAYANTIKA
AYU PARAMITHA, DYAH
Subject
570 Management science
Datestamp
2023-08-11 11:04:06
Abstract :
Persaingan bisnis yang kompetitif saat ini merupakan salah satu permasalahan
yang selalu dihadapi oleh setiap pelaku bisnis. Dalam menghadapi persaingan
bisnis yang begitu ketat, perusahaan harus mampu bersaing di dunia usaha. Untuk
itu, upaya dalam menajamkan keefektifan usaha perlu dilakukan sehingga dapat
mempertahankan posisi perusahaan di pasar untuk menghindari resiko penurunan
penjualan yang diakibatkan karena banyaknya pelanggan memutuskan membeli
produk di perusahaan lain. Keputusan pembelian merupakan tindakan pelanggan
dalam memutuskan membeli produk pada suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel saluran distribusi, kualitas
pelayanan dan harga secara parsial maupun simultan terhadap keputusan
pembelian telur ayam ?Tigan Jaya? Trenggalek. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian hubungan
kausal, populasi adalah seluruh pelanggan telur ayam Tigan Jaya Trenggalek
dengan teknik sampling memakai teknik simple random sampling dengan besar
sampel yang digunakan sebanyak 80 konsumen, dan teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan
koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi,
kualitas pelayanan, dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian Telur Ayam ?Tigan Jaya? Trenggalek.