DETAIL DOCUMENT
DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Opat, Opsila Lodia
ZAMAN, WAHID IBNU
AHDHIANTO, ERIF
Subject
771 Biology education 
Datestamp
2020-08-24 07:11:37 
Abstract :
Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar. Penerapan pembelajaran IPA kurang menarik di SD, hal ini tersebut ditunjukan dengan berbagai macam keluhan dalam pembelajaran IPA di SD seperti siswa merasa membosankan (jenuh), kurang bergairah dan tidak menarik. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Kondisi tersebut sebagaimana yang terjadi guru perlu membenahi model, dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik, mengasah kreatifitas siswa, mengajak siswa berpikir kritis. Hal tersebut akan membawa dampak positif bagi hasil belajar siswa. Materi ini sangat relatif sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sekiranya menarik minat belajar siswa. Maka dari itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran jigsaw. Model jigsaw bertujuan untuk memotivasi atau mendorong siswa untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai materi dan memberi kesempatan siswa untuk berfikir atau bebas mengemukakan pendapat. Tujuan menulis artikel ini untuk mengetahui model jigsaw terhadap kemampuan menjelaskan antara gaya terhadap gerak benda pada siswa Sekolah Dasar. Namun hanya sampai tahap pembuatan perangkat yang mendukung yakni silabus, RPP dan handout 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri