DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI DIRECT SELLING PADA SPJ COLLECTION UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Sari, Tri Novita
ERNESTIVITA, GESTY
SASONGKO, M. ZUHDI
Subject
574 Marketing 
Datestamp
2023-08-11 10:52:52 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketertarikan peneliti untuk menelaah lebih dalam mengenai proses penerapan strategi direct selling dalam upaya peningkatan volume penjualan pada SPJ Collection. SPJ Collection yang berlaku sebagai pelaku bisnis retail dengan keunikan dimana penjualan produknya dilakukan dengan menjangkau beberapa daerah secara sekaligus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara direct selling (pemasaran langsung) terhadap volume penjualan dalam pemasaran produk oleh SPJ Collection di daerah Kediri dan Tulungagung, serta untuk mengetahui hambatan dan faktor yang mempengaruhi dalam proses pemasaran produk SPJ Collection. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan SPJ Collection dan daerah pemasarannya di Kediri dan Tulungagung. Model penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diperoleh melalui tindakan langsung di lapangan untuk mendapatkan data primer melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pemilik, karyawan dan konsumen SPJ Collection. Dari hasil analisis menunjukan bahwa (1) Penerapan direct selling memberikan dampak positif bagi para pihak terkait. (2) SPJ Collection menerapkan ¬single level marketing dan party plan sales. (3) Direct selling memberikan dampak yang baik terhadap volume penjualan produk. (4) Kendala yang mengiringi direct selling antara lain adanya penolakan, terhambatnya proses pembayaran produk, dan ancaman produk dari perusahaan pesaing. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri