DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Konsumen Tata Snack di Marketplace Shopee)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Wulandari, Anggita Putri
ALIAMI, SRI
DAMAYANTI, SUSI
Subject
570 Management science 
Datestamp
2023-08-11 10:51:54 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya masalah terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ditinjau dari Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review merupakan fokus masalah dalam penelitian ini. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh signifikan dari Electronic Word of Mouth terhadap keputusan keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack (2) Pengaruh signifikan dari Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack (3) Pengaruh signifikan dari Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan metode kausalitas (sebab ? akibat) yang merupakan metode penelitian yang erat dengan metode kolerasi, selanjutnya mencari kembali fakta yang menjadi penyebab melalui beberapa data tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Tata Snack di Shopee. Sampel penelitian berjumlah 60 responden dengan teknik penentuan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner online yang disebar melalui fitur chat Shopee yang mana kuisioner tersebut telah memenuhi uji validitas dan realibilitas, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi liner berganda yang telah memenuhi uji asumsi klasik dengan software IBM SPSS for windows versi 23. Hasil dari penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y= 8,204 + 0,592X1+ 0,299X2 nilai ? 8,024 yang artinya semua variabel bebas yaitu Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review memiliki hubungan positif terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Regresi X1 0,592 dan Regresi X2 0,299. Maka semua variabel bebas naik 1 peningkatan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee (2) Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee (3) Electronic Word of Mouth dan Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri