DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Bawul, Dionisia Ardiana
DARSONO, DARSONO
YOHANIE, DIAN DEVITA
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2020-08-30 23:10:50 
Abstract :
Matematika merupakan penunjang dalam penilaian prestasi belajar disekolah maupun di dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Atas mengalami kesulitan dalam memahami konsep pada materi SPLDV, sehingga nilai peserta didik tidak mendapat nilai yang memuaskan. Peneliti membuat pembaharuan pembuatan modul yang merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan pendidik pada proses pembelajaran. Penelitian ini di bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui responden, dan keefektifan modul matematika berbasis problem solving pada materi vektor. Model Pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implimentation, Evaluation. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data meliputi instrument test dan non test. Teknik analisis data pada penelitian ini digunakan untuk menghitung kevalidtan dari para validator, respon pendidik dan peserta didik, dan keefektifan bahan ajar matematika. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh validator adalah 3,24 kriteria cukup valid. Hasil respon pendidik 3,21 dengan kriteria menarik. Hasil uji efektifitas yang dilakukan saat uji lapangan mendapat persentase sebesar 61% dengan kriteria efektif. Dari data tersebut menunjukkan bahan ajar pembelajaran layak digunakan berdasarkan validator dan keefektifan yang dilakukan oleh peserta didik maka pengembangan modul matematika layak digunakan di sekolah. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri