DETAIL DOCUMENT
META-ANALISIS PENGARUH MODEL CIRC DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Palupi, Pri
LAILA, ALFI
SANTI, NOVI NITYA
Subject
740 Language and literature education science 
Datestamp
2020-08-24 05:51:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Model CIRC merupakan model pembelajaran terpadu khusus bahasa dalam membaca, menulis dan menentukan ide pokok di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode meta-analisis dengan menggunakan sampel lima artikel jurnal nasional. Perhitungan pada lima artikel memberikan hasil yang berbeda. Pada hasil analisis artikel yang pertama memiliki hasil effect size sebesar (0,37) yang memiliki arti effect size pengaruh kecil, artikel kedua besarnya efek sebesar (0,08) memiliki effect size yang dapat diabaikan, artikel ketiga hasil effect size sebesar (0,58) yang memiliki arti effect size yang sedang. Artikel keempat besarnya efek sebesar (0,68) memiliki effect size pengaruh sedang. Dan artikel kelima memiliki hasil effect size (1,55) yang memiliki arti effect size pengaruh yang tinggi. Pada lima artikel di atas model CIRC sangat tepat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca, menulis dan menemukan ide pokok pada kelas tinggi sekolah dasar. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri