DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEDIRI UNTUK MENCERMATI KARAKTER TOKOH-TOKOH YANG TERDAPAT PADA TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PLAOSAN 2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Maharani, Puri Putri
LAILA, ALFI
SANTI, NOVI NITYA
Subject
793 PGSD 
Datestamp
2020-08-24 06:03:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) need assesment siswa dan guru terhadap pengembangan media video berbasis kearifan lokal. 2) kevalidan dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku untuk mencermati karakter tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development). Model pengembangan penelitian mengacu pada prosedur ADDIE dengan 5 tahapan: (a) Analysis; (b) Design; (c) Development; (d) Implementation; (e) Evaluation. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penilaian kevalidan media pembelajaran melibatkan empat dosen ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) guru dan siswa sama-sama membutuhkan pengembangan media video berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Plaosan 2, dari hasil uji coba luas yang digunakan untuk penilaian siswa dan guru bahwa dari sebanyak 30 siswa, siswa mudah memahami materi mencermati karakter tokoh-tokoh pada teks fiksi sebanyak 25 siswa (83%), penggunaan media video proses belajar lebih tertarik sebanyak 30 siswa (100%) dan penggunaan media video siswa lebih fokus saat pembelajaran berlangsung sebanyak 23 siswa (77%). Dan membutuhkan media yang bergerak dalam bentuk video terdapat persentase sebesar 90%, siswa mudah memahami materi mencermati karakter tokoh-tokoh pada teks fiksi sebesar 83% dan media video menjadi mudah lebih menerangkan pada siswa sebesar 100%. 2) media video berbasis kearifan lokal berdasarkan dari hasil validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 80% kategori baik/layak, ahli desain materi diperoleh persentase sebesar 93,3% kategori baik/layak dan ahli bahasa didapatkan persentase sebesar 90% kategori baik/layak yang berarti bahwa media yang dikembangkan tersebut masuk dalam kategori baik/layak. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri