DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI METODE JARI JAGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD NEGERI DUREN PROBOLINGGO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Pratiwi, Birtha Ourrella
HANDAYANI, APRILIA DWI
SULISTYONO, BAMBANG AGUS
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2023-09-27 12:34:22 
Abstract :
Pendidikan di sekolah dasar mempunyai tujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar baca, tulis, hitung, serta pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi peserta didik sesuai dengan tingkat pengembangan serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Belajar matematika merupakan suatu syarat cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Karena dengan belajar matematika kita akan belajar bernalar secara kritis, kreatif, dan aktif. Namun pelajaran matematika belum mendapatkan tempat di hati para peserta didik kelas 4 SD Negeri duren. Para peserta didik menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami. Dengan kondisi demikian dan juga kurang semangatnya peserta didik mengakibatkan hasil belajar matematika sering rendah. Akibatnya proses pembelajaran yang terjadi di sekolah tidak dapat berjalan dengan optimal. Masalah yang timbul tersebut bukanlah masalah ringan yang dapat dibiarkan terus mengakar. Masalah tersebut harus segera diatasi dan diselesaikan sebelum masalah tersebut semakin parah menjalar dan tak terkendali. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meningkatkan minat belajar para peserta didik. Dalam hal ini peneliti ingin menerapkan metode menghitung perkalian cepat menggunakan jari untuk upaya meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar serta hasil belajar peserta didik kelas 4 SD Negeri duren Probolinggo dengan menggunakan metode jari jago. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Negeri duren Probolinggo. Sementara objeknya adalah peningkatan aktivitas belajar dan juga hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan juga lembar observasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dan juga hasil belajar peserta didik kelas 4 SD Negeri duren Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan saat dilakukan pembelajaran menggunakan metode jadi jago. Dari hasil observasi siklus 1 hasil aktivitas belajar peserta didik 60,25% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 97,375%. Sementara untuk hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Di mana hasil free test hanya ada 20% peserta didik yang nilainya mencapai KKM. Sementara setelah pelaksanaan siklus 1 peserta didik yang nilainya mencapai KKM ada 40% dan meningkat pada saat selesai pelaksanaan siklus 2 yaitu 80% peserta didik yang nilainya mencapai KKM. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri