DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJAS SECARA DALAM JARINGAN (DARING) SAAT PANDEMI COVID-19 DI MI SURYA UTAMA AL FAJAR DESA KEREP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Pramada, Rio
BURSTIANDO, RIZKI
PUTRA, RENDHITYA PRIMA
Subject
763 Sports and health education 
Datestamp
2020-08-24 04:26:57 
Abstract :
Abstrak Rio Pramada: Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas saat Pandemi Covid-19 di MI Surya Utama Al Fajar Desa Kerep, Skripsi, PENJAS, FIKS UN PGRI Kediri, 2020. Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti sebagai salah satu tenaga pendidik di MI Surya Utama Al Fajar Desa Kerep, bahwa saat pandemi covid-19 tidak semua wali murid memiliki fasilitas yang baik untuk mendukung proses pembelajaran penjas secara dalam jaringan (daring), beberapa wali murid dan peserta didik belum mampu mengoperasikan smartphone dengan baik. Sehingga siswa sering terlambat mengerjakan dan ada juga yang tidak mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas saat pandemi covid-19 di MI Surya Utama Al Fajar Desa Kerep?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI Surya Utama Al Fajar Desa Kerep. Sampel yang peneliti gunakan sebanyak 112. Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel X dan Y adalah angket. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini antara lain tabulasi data, uji validitas dan reliabilitas data, deskriptif data, uji normalitas data, pengujian hipotesis dan terakhir kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar sebesar 0,428 Hal ini didapat berdasarkan perhitungan korelasi melalui SPSS 23 dan hasilnya ialah korelasi nilai rhitung kurang dari 0,05 maka terima Ha tolak Ho sehingga terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa. Adapun hubungannya sebesar 0.428 terletak diantara 0,40 - 0,599. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sedang antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas secara dalam jaringan (daring) saat pandemi covid-19 di MI Surya Utama Al Fajar Desa Kerep. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri