DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KAFE GRIYO NGANJUK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Sari, Nindy Kurnia
ALIAMI, SRI
LEKSONO, PONIRAN YUDHO
Subject
570 Management science 
Datestamp
2023-08-09 08:08:33 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi dalam upaya memenuhi kebutuhan kuliner minuman berupa kopi. Konsumen berharap mendapatkan kualitas produk yang sesuai dengan selera cita rasa dengan harga terjangkau disertai dengan layanan yang maksimal untuk mencapai kepuasan. Di sisi lain perusahaan berusaha merancang dan menerapkan strategi yang tepat terutama terkait dengan bauran pemasaran maupun konsep pemberian layanan kepada konsumen saat menikmati produk yang ditawarkan agar mampu memenangkan persaingan terutama untuk bisnis Kafe. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Kafe Griyo Nganjuk. (2) Pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan konsumen pada Kafe Griyo Nganjuk. (3) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kafe Griyo Nganjuk dan (4) Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kafe Griyo Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan kausal (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh konsumen yang membeli pada Kafe Griyo Nganjuk. Sampel penelitian berjumlah 40 responden dengan teknik penentuan accident sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang telah memenuhi uji validitas dan reabilitas, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang telah memenu hi uji asumsi klasik dengan software SPSS windows versi 23. Hasi dari penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y=4,176+0,181X1+0,623X2+-,148X3 nilai ? 4,176 yang artinya semua semua variabel bebas yaitu kualitas produk, persepsi harga, kualitas pelayanan memiliki hubungan positif terhadap variabel terikat kepuasan konsumen. Regresi X1 0,181, regresi X2 0,623, regresi X3 -0,148. Maka semua variabel bebas naik satu peningkatan terhadap variabel kepuasan konsumen. Kesimpulan penelitian ini membuktikan apabila: (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (2) Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Kafe Griyo Nganjuk. Hal ini memberi arti bahwa kualitas pelayanan yang diberikan Kafe Griyo Nganjuk dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. (4) Kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri