Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Sari, Nindy Kurnia
ALIAMI, SRI
LEKSONO, PONIRAN YUDHO
Subject
570 Management science
Datestamp
2023-08-09 08:08:33
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi dalam upaya memenuhi kebutuhan kuliner
minuman berupa kopi. Konsumen berharap mendapatkan kualitas produk yang
sesuai dengan selera cita rasa dengan harga terjangkau disertai dengan layanan
yang maksimal untuk mencapai kepuasan. Di sisi lain perusahaan berusaha
merancang dan menerapkan strategi yang tepat terutama terkait dengan bauran
pemasaran maupun konsep pemberian layanan kepada konsumen saat menikmati
produk yang ditawarkan agar mampu memenangkan persaingan terutama untuk
bisnis Kafe. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) Pengaruh
kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Kafe Griyo Nganjuk. (2) Pengaruh
persepsi harga terhadap kepuasan konsumen pada Kafe Griyo Nganjuk. (3)
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kafe Griyo Nganjuk
dan (4) Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen Kafe Griyo Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Teknik yang digunakan kausal (sebab akibat). Populasi dalam
penelitian ini yakni seluruh konsumen yang membeli pada Kafe Griyo Nganjuk.
Sampel penelitian berjumlah 40 responden dengan teknik penentuan accident
sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang telah memenuhi uji
validitas dan reabilitas, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang telah
memenu hi uji asumsi klasik dengan software SPSS windows versi 23. Hasi dari
penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut:
Y=4,176+0,181X1+0,623X2+-,148X3 nilai ? 4,176 yang artinya semua semua
variabel bebas yaitu kualitas produk, persepsi harga, kualitas pelayanan memiliki
hubungan positif terhadap variabel terikat kepuasan konsumen. Regresi X1 0,181,
regresi X2 0,623, regresi X3 -0,148. Maka semua variabel bebas naik satu
peningkatan terhadap variabel kepuasan konsumen. Kesimpulan penelitian ini
membuktikan apabila: (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen. (2) Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen pada Kafe Griyo Nganjuk. Hal ini memberi arti bahwa kualitas
pelayanan yang diberikan Kafe Griyo Nganjuk dapat mempengaruhi kepuasan
konsumen. (4) Kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan