DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKLET BERBASIS E-BOOK MATERI SUMBER ENERGI DAN PERUBAHAN BENTUK ENERGI SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 1 KOTA KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
HAPSARI, DEVINSA PINDA
MUJIWATI, ENDANG SRI
IMRON, ILMAWATI FAHMI
Subject
790 Education science 
Datestamp
2023-08-11 08:54:55 
Abstract :
Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA materi sumber energi dan perubahan bentuk energi di kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri masih menggunakan bahan ajar yang sudah tersedia dan tinggal pakai serta guru belum memberi variasi bahan ajar yang menarik untuk materi sumber energi dan perubahan bentuk energi sebagai pendamping untuk melengkapi bahan ajar yang sudah ada serta minimnya reverensi buku yang ada di perpustakaan membuat minat peserta didik masih kurang untuk mempelajarinya dan peserta didik belum mampu mengidentifikasi sumber energi dan perubahan bentuk energi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang sebagian besar masih mendapat nilai rendah. Adapun tujuan dikembangkannya bahan ajar buklet berbasis e-book adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, serta respon guru dan siswa terhadap bahan ajar buklet yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu (1) Analyze (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implemetation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif berupa skala likert dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar buklet berbasis e-book yaitu (1) bahan ajar buklet berbasis e-book dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan karena memperoleh presentase skor 87,9%; (2) bahan ajar buklet berbasis e-book dinyatakan sangat efektif dan dapat digunakan karena pada uji coba terbatas mendapat presentase skor 91,1% dan pada uji coba luas mendapat presentase skor 88,5%; (3) respon guru dan siswa pada bahan ajar buklet berbasis e-book dinyatakan sangat baik karena pada uji coba terbatas mendapat respon guru sebesar 88,9% dan respon siswa sebesar 100% serta pada uji coba luas mendapat respon guru sebesar 86,6% dan respon siswa sebesar 94,6%. Kata Kunci: Bahan ajar buklet, berbasis e-book, sumber energi, perubahan bentuk energi 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri