DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAJI (KOMIK AKSARA, JAWA, INDONESIA) BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI AKSARA JAWA KELAS V SDN BESOWO 4
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Wangi, Galuh Citra Ayu
SANTI, NOVI NITYA
SAHARI, SUTRISNO
Subject
748 Javanese language (and literature) education 
Datestamp
2023-08-11 08:44:56 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas V SDN Besowo 4 Kab. Kediri diketahui bahwa siswa kelas 5 memiliki kendala atau kesulitan dalam membaca dan menghafal huruf aksara Jawa. Selain itu capaian pembelajaran juga tidak optimal yang ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata siswa yang kurang dari nilai KKM dalam materi aksara Jawa. Guru ketika mengajar mata pelajaran bahasa Jawa cenderung menggunakan metode ceramah dan jarang sekali seorang guru ketika proses pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran bahasa Jawa terutama materi aksara Jawa melibatkan media dalam proses pembelajarannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan dari media pembelajaran KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia) berbasis Flipbook pada materi aksara Jawa kelas 5 SDN Besowo 4? (2) Bagaimana kepraktisan dari media pembelajaran KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia) berbasis Flipbook pada materi aksara Jawa kelas 5 SDN Besowo 4? (3) Bagaimana keefektifan dari media pembelajaran KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia) berbasis Flipbook pada materi aksara Jawa kelas 5 SDN Besowo 4? Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia) berbasis Flipbook pada materi aksara Jawa kelas 5 SDN Besowo 4. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia) berbasis Flipbook mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencangkup pada 5 tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Besowo 4 Kab. Kediri. Teknik pengumpulan data angket dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah skala likert dan skala guttman. Simpulan dari penelitian ini sebagai berikut media pembelajaran KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia) berbasis Flipbook dilakukan validasi ahli media dengan persentase skor sebesar 94% dan validasi ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 98% sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat valid. Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata evaluasi siswa pada uji coba terbatas sebesar 81% dan nilai rata-rata evaluasi siswa pada uji coba luas sebesar 90% dan telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan dinyatakan sangat efektif. Dari hasil angket respon guru dengan memperoleh hasil persentase sebesar 90% dan respon siswa pada uji terbatas memperoleh hasil persentase sebesar 86%, sedangkan respon siswa pada uji coba luas memperoleh hasil persentase sebesar 88%. Dengan demikian, media pembelajaran dapat dinyatakan sangat praktis dan dapat digunakan. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri