DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI "DUNIA TUMBUHAN" MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TIRU LOR 2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Nur Fadila, None
SAIDAH, KARIMATUS
DWI NUR WENDA, DHIAN
Subject
110 Natural sciences 
Datestamp
2023-08-11 08:43:46 
Abstract :
Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas IV SDN Tiru lor 2. Mendapatkan hasil bahwa pada kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran. Sumber belajar yang digunakan hanya buku yang disediakan sekolah. Guru kurang berinovasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Hasil belajar siswa dibawah KKTP (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran). Serta siswa kesulitan dalam menghafal fungsi bagian tumbuhan. Permaslahan penelitian ini adalah bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan multimedia interaktif berbasis game edukasi ?dunia tumbuhan? materi bagian tumbuhan dan fungsinya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Tiru Lor 2?. Sedangkan tujuan dari pengembangan media multimedia interaktif berbasis game edukasi ?dunia tumbuhan? untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tiru Lor 2 dan siswa kelas IV SDN Tiru Lor 1 yang beralamat di Desa Tiru Lor, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Terdapat dua desain uji coba yang dilakukan, yaitu uji coba terbatas dengan jumlah responden 10 siswa dan 1 guru, uji coba luas dengan jumlah responden 24 siswa kelas IV SDN Tiru Lor 2 dan SDN Tiru Lor 1. Instrument pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, soal evaluasi pre-test dan post-test. Untuk analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia interaktif berbasis game edukasi ?dunia tumbuhan?, hasil validasi media memperoleh skor 88% dan materi memperoleh skor 86%. Rata-rata validasi media dan materi memperoleh skor 86% termasuk kriteria sangat valid, kepraktisan diperoleh dari respon guru dengan skor 89% termasuk kriteria sangat praktis, dan respon siswa dengan skor 90% termasuk kriteria sangat baik, sedangkan keefektifan dapat diketahui dari hasil evaluasi post-test siswa dengan rata-rata 81,7 melebihi rata-rata pre-test dan KKTP. Diperkuat dengan hasil uji statistik dengan Paired Sample-t Test memperoleh hasil 0,001 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pre-test yaitu 57,7 dan post-test 81,7, sehingga media multimedia interaktif berbasis game edukasi ?dunia tumbuhan? dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri