DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA POSTER SUMBER DAN BENTUK ENERGI UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Riska Nur Anisa, Widya
SRI MUJIWATI, ENDANG
DAMARISWARA, RIAN
Subject
790 Education science 
Datestamp
2023-08-11 08:44:14 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di kelas III SDN Kauman II, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang bahwa, masalah yang ditemukan pada saat observasi di kelas III SDN Kauman II Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi sumber dan bentuk energi kurang maksimal, hanya menggunakan media gambar dari internet yang ditempel pada satu lembar kertas hvs. Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi tentang sumber dan bentuk energi. Berdasarkan hasil observasi tersebut, dikembangkanlah media poster. Adapun rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana kevalidan poster sumber dan bentuk energi untuk siswa kelas III sekolah dasar? 2) Bagaimana keefektifan poster sumber dan bentuk energi untuk siswa kelas III sekolah dasar? 3) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap poster sumber dan bentuk energi untuk siswa kelas III sekolah dasar? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 yaitu 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Kauman 2. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah penggunaan media poster, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kevalidan terhadap media poster. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengetahui dan mengolah data yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta respon guru dan siswa terhadap media poster. Hasil dari penelitian dan pengembangan media poster adalah sebagai berikut: 1) dinyatakan sangat valid dengan memenuhi kriteria persentase nilai konstruksi media sebesar 82% dan validitas materi 92,5%, 2) dinyatakan baik berdasarkan respon guru dengan memenuhi kriteria persentase sebesar 83%, sedangkan hasil respon siswa pada uji terbatas mendapatkan persentase sebesar 100% dan pada uji coba luas mendapatkan persentase sebesar 92%, dan 3) dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada posttest uji coba terbatas dengan memenuhi kriteria persentase sebesar 100%, sedangkan pada uji coba luas memenuhi kriteria persentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media poster dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi sumber dan bentuk energi. Kata Kunci: Media Poster, ADDIE, Sumber dan Bentuk Energi. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri