DETAIL DOCUMENT
EKSPLORASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA RELIEF PENDOPO TERAS DUA CANDI PENATARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Widyaningtyas, Vina
YATMIN, YATMIN
BUDIANTO, AGUS
Subject
615 Archeology 
Datestamp
2020-08-24 03:26:21 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari globalisasi yang semakin meluas dari segi positif dan negatif terutama dikalangan pelajar, dampak dari globalisasi terutama dalam segi negatif semakin tidak terkendali. Banyak para pelajar dan masyarakat umum yang sudah melupakan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang seharusnya sudah dipahami sejak dini, hal ini harus dapat diantisipasi dengan menanamkan kembali nilai-nilai pendidikan karakter bangsa melalui cerita-cerita berbasis kearifan lokal yang sudah ada di Indonesia. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah sejarah pembangunan Candi Penataran?. (2) relief apa sajakah yang terdapat pada pendopo teras dua candi Penataran?. (3) nilai-nilai pendidikan karakter bangsa apa sajakahyang terdapat dalam relief pendopo teras dua?. Maka dengan itu tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang terdapat pada pendopo teras dua Candi Penataran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Historis (sejarah), sebab tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengidentifikasi Relief-relief dengan obyek yaitu Candi Penataran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peninggalan-peninggalan/sumber benda, dan sumber sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara studi pustaka (library research), dan studi arsip. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang terkandung dalam relief pendopo teras dua candi penataran. Dari relief yang terdapat pada teras pendopo dua, yaitu Sang Satyawan, Bubuksah dan Gagang Aking, dan Sri Tanjung, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa nilai-nilai Pendidikan Karakter Bangsa yang dapat di eksplorasi lebih dalam lagi. Seperti contoh dalam cerita Sang Satyawan, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung adalah religius dan kerja keras. Lalu dalam cerita Sri Tanjung nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung adalah religius, jujur, dan bertanggung jawab. Sedangkan dalam cerita Bubuksah dan Gagang Aking terdapat lebih banyak lagi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang terkandung, yaitu religius, toleransi, kerja keras, demokratis, gemar membaca, peduli lingkungan, cinta damai, dan peduli sosial. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri