DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PEKA (PEMBAGIAN PERKALIAN) PADA MATERI PEMBAGIAN DAN PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Azhari, Yusifa Dyan
SAHARI, SUTRISNO
SAIDAH, KARIMATUS
Subject
793 PGSD 
Datestamp
2023-08-11 08:08:33 
Abstract :
Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan di SDN Gayam 3 Kota Kediri, pada kelas III bahwa guru hanya menggunakan buku tematik dan ceramah yang keduanya hanya memuat tulisan untuk menjelaskan materi, materi dalam buku siswa terbatas, kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran guru yang hanya satu arah, media pembelajaran yang belum dikembangkan. Solusi penelitian ini yaitu peneliti mengembangkan media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas III . SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) untuk siswa kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran multimedia PEKA (PEMBAGIAN PERKALIAN) berbasis macromedia flash dan dapat membantu siswa dalam proses belajar materi pembagian dan perkalian. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) penerapan (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri sebanyak 29 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua tahap uji coba yaitu, uji coba terbatas dilakukan oleh 10 siswa dan uji coba luas dilakukan oleh 29 siswa. Hasil dari penelitian bahwa validasi ahli media pembelajaran mendapatkan rata-rata presentase 89%, sehingga media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) sangat valid artinya sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan didapat dari respon guru dengan mendapatkan presentase 88,5%, sehingga media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) sangat praktis dan digunakan tanpa revisi. Keefektifan didapatkan dari uji coba terbatas soal evaluasi pre test sebesar 62 dan post test 83 sedangkan uji coba luas pre test sebesar 54,6 dan post test sebesar 88,4 yang selanjutnya dilakukan uji Paired T-Test uji coba terbatas dan uji coba luas, sehingga media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) sangat efektif artinya sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri