DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBAGIAN DESIMAL MELALUI MEDIA SIPINTAR KELAS IV SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Iva Aspreliha, Iva
RIAN, RIAN
KUKUH ANDRI AKA, KUKUH ANDRI
Subject
135 Meteorologist 
Datestamp
2023-08-14 09:02:01 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tuntasnya pemahaman siswa dalam muatan matematika pada materi bilangan desimal, sehingga membutuhkan perbaikan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bilangan desimal menggunakan media Sipintar. Subyek dan setting pada penelitianini adalah siswa kelas IV A SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2021/20222 yang berjumlah 29 siswa. Desain prosedur perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dari pra-siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra-siklus rata-rata nilai hasil belajar siswa hanya sebesar 31,72 dengan presentase ketuntasan 17,24%. Peningkatan tersebut dibuktikan dari hasil tes pada siklus I, yakni rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 62,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 34,48%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa naik mencapai 83,27 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,75% Dengan demikian, dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran pembagian desimal melalui media Sipintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Burengan 2 Kota Kediri. Kata Kunci: Hasil belajar, pembagian desimal, kurikulum sekolah penggerak, media Sipintar. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri