DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GALERI BUDAYA PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DAN SUKU DI JAWA TIMUR SISWA KELAS IV SDN KRATON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Hidayati, Nur Lillah
WAHYUDI, WAHYUDI
SAHARI, SUTRISNO
Subject
619 Cultural studies 
Datestamp
2023-08-14 12:27:27 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di kelas IV SDN Kraton materi keberagaman budaya dan suku di Jawa Timur, ditemukan bahwa guru jarang menggunakan media yang bervariasi dan kurang menarik bagi siswa. Rumusan masalah (1) Bagaimana kevalidan desain pengembangan multimedia interaktif galeri budaya pada materi keberagaman budaya dan suku di Jawa Timur siswa kelas IV SDN Kraton Mojo? (2) Bagaimana kepraktisan multimedia interaktif galeri budaya pada materi keberagaman budaya dan suku di Jawa Timur siswa kelas IV SDN Kraton Mojo? (3) Bagaimana keefektifan multimedia interaktif galeri budaya pada materi keberagaman budaya dan suku di JawaTimur siswa kelas IV SDN Kraton Mojo? Penelitian ini mengunakan metode penelitian Research and Developmen (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Developmen, implementation, dan Eveluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan 16 siswa kelas IV SDN Kraton . Penelitian dan pengembangan multimedia interaktif galeri budaya pada materi keberagaman budaya dan suku di Jawa Timur telah memenuhi kriteria dengan kesimpulan bahwa (1) hasil validasi materi dan media didapatkan presentase 91%. (2) hasil respon guru pada multimedia interaktif galeri budaya dinyatakan sangat baik karena diperoleh presentase 86%, yang menunjukkan multimedia interaktif sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian hasil respon siswa pada multimedia interaktif galeri budaya juga dinyatakan sangat baik karena diperoleh presentase 96%, yang menunjukkan multimedia interaktif galeri budaya juga dinyatakan sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (3) keefektifan multimedia interaktif galeri budaya dinyatakan sangat efektif dalam pembelajaran karena hasil peningkatan belajar siswa pada post-test yaitu 82,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif galeri budaya sudah valid, praktis dan sangat efektif digunakan pada proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri