Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Munawar, Saifana Riska
SAIDAH, KARIMATUS
MUKMIN, BAGUS AMIRUL
Subject
743 Indonesian language and literature education
Datestamp
2023-09-27 14:59:01
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi berdasarkan lembar
wawancara dan angket analisis kebutuhan yang telah dilakukan di kelas II SD
Negeri Sukoharjo 3 diketahui bahwa siswa kelas II mengalami kesulitan dalam
menulis huruf tegak bersambung secara rapi, dalam pembelajaran materi huruf
tegak bersambung siswa masih bingung membedakan huruf kapital yang benar
dalam huruf tegak bersambung, guru masih menuliskan di papan tulis terlebih
dahulu untuk mencontohkan huruf tegak bersambung sehingga membuang waktu.
diketahui dari ulangan harian hasil belajar siswa hanya 60% siswa yang tuntas.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran sandpaper letter berbentuk
tiga dimensi pada materi huruf tegak bersambung untuk meningkatkan
keterampilan menulis siswa kelas 2 SDN Sukoharjo 3.
Penelitian menggunakan jenis penelitian R & D dengan model
pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation,
evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, angket
validasi, angket respon,pre-test dan post-test. Desain uji coba produk
menggunakan uji coba terbatas dan uji coba luas. Subyek penelitian sebanyak 5
siswa uji coba terbatas dan 13 siswa uji coba luas. Subjek uji coba yakni validator
materi, media, dan guru kelas. Sedangkan lokasi uji coba luas dilakukan di SD
Negeri Sukoharjo 3.
Hasil dari pengembangan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk
3 dimensi yang dikembangkan bisa dikatakan valid, praktis, dan efektif. Hasil
rata-rata kevalidan diperoleh 88% hal ini bahwa media pembelajaran Sandpaper
Letter berbentuk 3 dimensi ini dikatakan sangat valid. Berdasarkan hasil
kepraktisan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi
membuktikan bahwa respon guru diperoleh 88% dan siswa uji terbatas 91% siswa
uji luas 92% sehingga bisa dikatakan sangat praktis. Dan keefektifan dilihat dari
hasil perhitungan setelah dilakukan uji coba terbatas diperoleh rata-arata pre test
67 dan rata-rata post test 89 dan uji coba luas 64 dan 89. Adanya perbedaan yang
signifikan antara nilai pre-test dan post-test, sehingga media dikategorikan efektif.
Kesimpulan dari media Berdasarkan hasil pembahasan pengembangan
media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi pada materi huruf
tegak bersambung dilakukan dikelas II SDN Sukoharjo 3 yang dikembangkan bisa
dikatakan sangat valid, praktis, dan efektif.