DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTER BERBENTUK TIGA DIMENSI PADA MATERI HURUF TEGAK BERSAMBUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SDN SUKOHARJO 3
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Munawar, Saifana Riska
SAIDAH, KARIMATUS
MUKMIN, BAGUS AMIRUL
Subject
743 Indonesian language and literature education 
Datestamp
2023-09-27 14:59:01 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi berdasarkan lembar wawancara dan angket analisis kebutuhan yang telah dilakukan di kelas II SD Negeri Sukoharjo 3 diketahui bahwa siswa kelas II mengalami kesulitan dalam menulis huruf tegak bersambung secara rapi, dalam pembelajaran materi huruf tegak bersambung siswa masih bingung membedakan huruf kapital yang benar dalam huruf tegak bersambung, guru masih menuliskan di papan tulis terlebih dahulu untuk mencontohkan huruf tegak bersambung sehingga membuang waktu. diketahui dari ulangan harian hasil belajar siswa hanya 60% siswa yang tuntas. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran sandpaper letter berbentuk tiga dimensi pada materi huruf tegak bersambung untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 2 SDN Sukoharjo 3. Penelitian menggunakan jenis penelitian R & D dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, angket validasi, angket respon,pre-test dan post-test. Desain uji coba produk menggunakan uji coba terbatas dan uji coba luas. Subyek penelitian sebanyak 5 siswa uji coba terbatas dan 13 siswa uji coba luas. Subjek uji coba yakni validator materi, media, dan guru kelas. Sedangkan lokasi uji coba luas dilakukan di SD Negeri Sukoharjo 3. Hasil dari pengembangan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi yang dikembangkan bisa dikatakan valid, praktis, dan efektif. Hasil rata-rata kevalidan diperoleh 88% hal ini bahwa media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi ini dikatakan sangat valid. Berdasarkan hasil kepraktisan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi membuktikan bahwa respon guru diperoleh 88% dan siswa uji terbatas 91% siswa uji luas 92% sehingga bisa dikatakan sangat praktis. Dan keefektifan dilihat dari hasil perhitungan setelah dilakukan uji coba terbatas diperoleh rata-arata pre test 67 dan rata-rata post test 89 dan uji coba luas 64 dan 89. Adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test, sehingga media dikategorikan efektif. Kesimpulan dari media Berdasarkan hasil pembahasan pengembangan media pembelajaran Sandpaper Letter berbentuk 3 dimensi pada materi huruf tegak bersambung dilakukan dikelas II SDN Sukoharjo 3 yang dikembangkan bisa dikatakan sangat valid, praktis, dan efektif. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri